Minggu, 04 Maret 2012

SURVEI MEMBUKTIKAN: MEREK HP NENTUIN SIAPA KAMU?



Kebanyakan orang punya merek HP favorit. Ada yang dari dulu cuma mau pake Nokia. Ada yang fanatik dengan Sony Ericsson. Nah, menurut sebuah riset di Australia, kesukaan seseorang pada merek HP tertentu berhubungan dengan identitas orang tersebut.
Penggemar HP dengan merek Motorola mungkin sekali berusia di bawah 24 tahun dan sangat sadar mode. Sebaliknya, penggemar HP Nokia pada umumnya manajer setengah baya yang mementingkan keluaraga. Pemakai HP Sony Ericsson kebanyakan cowok muda yang ambisius yang berusaha mencapai ambisinya. Bagaiman dengan pemakai HP LG? Rata-rata penggemar HP LG adalah kaum ibu. Sementara itu mayoritas pengguna HP Samsung adalah cewek muda yang berfokus pada karir mereka.
Penelitian mengenai penggunaan HP itu dilakukan oleh Nielsen Media Research dan Panorama. Menurut Pak Jodi Loughlin dari Nielsen, setiap merek punya pemakai dari semua kalangan. Namun demikian beberapa kelompok orang lebih tertarik pada merek tertentu dibandingkan merek lainnya.
“Orang Australia jelas memilih HP yang mencerminkan siapa diri mereka,” simpul Pak Jody. “Jenis HP yang kamu pakai bisa lebih penting dibandingkan provider yang kamu pilih,” tambahnya.
Dane Maddams (21), penduduk kota Sydney, sepakat bahwa kita bisa menerka sifat seseorang dari HP yang digunakannya. “Hari gini dan diabad ini, apa yag kamu pakai menentukan siapa kamu” kata Dane. “Dan HP itu kan termasuk aksesoris busana.”
Dane punya sebuah HP Sony Ericsson K800i. Berarti cowok ini bersifat ambisius dan berusaha keras untuk mencapai ambisinya. “Aku jelas bukan wanita setengah baya kan,” katanya, menyindir para pemakai Nokia yang kebanyakan berusia setengah baya. Pokoknya kalau ada orang yang mengeluarkan HP Nokia dari sakunya, Dane dan kawan-kawannya akan meledek habis-habisan.
Fakta bahwa “kelompok-kelompok gaya hidup” yang berlainan memilih HP yang berlainan pula memberikan masukkan yang berharga bagi perusahaan HP, jelas Pak Jody. Itu penting bagi mereka agar bisa bersaing dalam memasarkan produk-produk mereka.
Di Australia, Nokia masih unggul dalam angka penjualan. Sepanjang tahun 2007 lalu sebesar 56,9% pasar HP dikuasai Nokia. Motorala menikmati kenaikan penjualan menjadi 12,2% atau meningkat 3,8%, sementara Sony Ericsson juga naik menjadi 8,4% atau meningkat 2,4%. Samsung juga mendapat kenaikan 1,7% menjadi 6%. Nokia menurun 7.7%. Sementara itu LG mendapat jatah 7,1%.

Course : majalah TEEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar