Kebanyakan orang punya
merek HP favorit. Ada yang dari dulu cuma mau pake Nokia. Ada yang fanatik
dengan Sony Ericsson. Nah, menurut sebuah riset di Australia, kesukaan
seseorang pada merek HP tertentu berhubungan dengan identitas orang tersebut.
Penggemar HP dengan merek
Motorola mungkin sekali berusia di bawah 24 tahun dan sangat sadar mode.
Sebaliknya, penggemar HP Nokia pada umumnya manajer setengah baya yang
mementingkan keluaraga. Pemakai HP Sony Ericsson kebanyakan cowok muda yang
ambisius yang berusaha mencapai ambisinya. Bagaiman dengan pemakai HP LG?
Rata-rata penggemar HP LG adalah kaum ibu. Sementara itu mayoritas pengguna HP
Samsung adalah cewek muda yang berfokus pada karir mereka.
Penelitian mengenai
penggunaan HP itu dilakukan oleh Nielsen Media Research dan Panorama. Menurut
Pak Jodi Loughlin dari Nielsen, setiap merek punya pemakai dari semua kalangan.
Namun demikian beberapa kelompok orang lebih tertarik pada merek tertentu
dibandingkan merek lainnya.
“Orang Australia jelas
memilih HP yang mencerminkan siapa diri mereka,” simpul Pak Jody. “Jenis HP
yang kamu pakai bisa lebih penting dibandingkan provider yang kamu pilih,”
tambahnya.
Dane Maddams (21), penduduk
kota Sydney, sepakat bahwa kita bisa menerka sifat seseorang dari HP yang
digunakannya. “Hari gini dan diabad ini, apa yag kamu pakai menentukan siapa
kamu” kata Dane. “Dan HP itu kan termasuk aksesoris busana.”
Dane punya sebuah HP Sony
Ericsson K800i. Berarti cowok ini bersifat ambisius dan berusaha keras untuk
mencapai ambisinya. “Aku jelas bukan wanita setengah baya kan,” katanya,
menyindir para pemakai Nokia yang kebanyakan berusia setengah baya. Pokoknya
kalau ada orang yang mengeluarkan HP Nokia dari sakunya, Dane dan kawan-kawannya
akan meledek habis-habisan.
Fakta bahwa
“kelompok-kelompok gaya hidup” yang berlainan memilih HP yang berlainan pula
memberikan masukkan yang berharga bagi perusahaan HP, jelas Pak Jody. Itu
penting bagi mereka agar bisa bersaing dalam memasarkan produk-produk mereka.
Di Australia, Nokia masih
unggul dalam angka penjualan. Sepanjang tahun 2007 lalu sebesar 56,9% pasar HP
dikuasai Nokia. Motorala menikmati kenaikan penjualan menjadi 12,2% atau
meningkat 3,8%, sementara Sony Ericsson juga naik menjadi 8,4% atau meningkat
2,4%. Samsung juga mendapat kenaikan 1,7% menjadi 6%. Nokia menurun 7.7%.
Sementara itu LG mendapat jatah 7,1%.
Course : majalah TEEN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar